Manfaat Pete Untuk Kesehatan

Pete (petai) adalah pohon tahunan tropika type polong-polongan. Tumbuhan ini menyebar luas di Nusantara sisi barat. Pete mempunyai buah yang besar, memanjang, dengan adanya banyak polong buah. Umumnya dalam satu buah ada sampai 20 biji. Buah pete di kenal lantaran baunya yang menyengat. Baunya yang khas serta tajam kadang-kadang bikin beberapa orang malas konsumsi buah ini. Tetapi siapa yang menganggap apabila di balik baunya yang unik itu, pete mempunyai banyak faedah untuk kesehatan. Faedah pete salah satunya yaitu sebagai sumber anti-oksidan, menghindar hipertensi, anemia, sembelit, tukak lambung, penyakit hati, ginjal, serta bahkan juga dapat mencegah depresi.

Pete memiliki kandungan senyawa serta nutrisi yang bermacam. Sebagian salah satunya yaitu gula alami, zat besi, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, serta vitamin C. Pete memiliki kandungan 3 type gula alami yaiut sukrosa, fruktosa, serta glukosa yang dipadukan dengan serat. Gabungan kandungan ini dapat memberi dorongan tenaga yang cukup untuk beraktivitas berat sepanjang 90 menit.

Manfaat pete tidaklah sampai di situ saja. Konsumsi buah ini tak menambah kandungan gula darah. Demikian sebaliknya, pete bisa mengatur kandungan gula hingga dapat tetaplah stabil. Penelitian itu menunjukkan kalau pete dapat menghindar serta bahkan juga mengatasi sebagian jenis penyakit. Umpamanya saja penyakit anemia. Zak besi yang terdapat pada buah pete begitu tinggi hingga dapat merangsang produksi sel darah merah. Faedah pete itu bakal merasa oleh pasien anemia.

Faedah pete juga dirasa oleh pencernaan kita. Teksturnya yang lembut serta halus dapat menetralisir asam lambung serta menghindar iritasi. Mekanismenya yaitu dengan langkah melapisi permukaan dalam lambung. Oleh karenanya, terkadang pete dimaksud juga makanan untuk perawatan pencernaan.

Vitamin B6 yang terdapat didalam buah pete disangka bertindak melakukan perbaikan mood seorang. Buah ini dapat bermanfaat sebagai antidepresan. Hal itu karena pete memiliki kandungan trypthopan, yakni asam amino yang didalam badan membuahkan serotonin. Serotonin tersebut yang bertindak sebagai antidepresan.

Manfaat Pete untuk Memerangi Hipertensi

Buah pete memiliki kandungan mineral kalium tinggi yang utama diperlukan oleh badan kita. Kalium bermanfaat untuk bikin detak jantung kembali normal. Diluar itu juga berguna untuk mengatur keseimbangan cairan badan. Meskipun tinggi kalium, pete nyatanya rendah garam. Itu yang membuatnya begitu prima untuk memerangi desakan darah. Demikian tingginya faedah pete itu hingga Tubuh Pengawas Obat serta Makanan Amerika Serikat (FDA) mengizinkan perkebunan pete. Mereka berikan izin untuk lakukan klaim resmi tentang kekuatan buah ini untuk turunkan kemungkinan desakan darah serta stroke. Menurut penelitian dalam “The New England Journal of Medicine”, mengonsumsi buah pete sebagai makanan keseharian bakal turunkan kemungkinan kematian lantaran stroke sampai 40%.

Terkecuali buah atau biji yang berguna, kulit pete nyatanya juga mempunyai manfaat sebagai anti-oksidan. Kulit pete terdapat diatas buah serta menyelimutinya. Dalam kulit buah itu ada senyawa fenolik yang dapat kurangi dengan cara penting dampak radikal bebas. Sebagai anti-oksidan alami, kulit pete tambah lebih menyehatkan dari pada anti-oksidan sintesis.

Walaupun baunya menyengat, faedah pete sangat banyak untuk kesehatan. Bila Anda malas konsumsi buah ini lantaran baunya, baiknya baca juga tulisan bagaimana caranya menyingkirkan bau mulut. Satu diantara langkah menangani bau mulut lantaran petai, yaitu dengan konsumsi mentimun serta air hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s